Pendaftaran Kader PDI Perjuangan

Parta Kemas Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan dengan Game Interaktif

  • 03 Desember 2021
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 739 Pengunjung

Gianyar - Selalu ada cara menarik bagi anggota Komisi IV DPR RI, I Nyoman Parta dalam mensosialisasikan empat pilar kebangsaan RI. Kali ini, dalam sosialisasi yang digelar di Balai Banjar Buluh, Desa Guwang, Kecamatn Sukawati, Gianyar, Jumat (26/11), Parta pun mengemas materi dengan game edukasi, sehingga diharapkan materi dapat dengan mudah diterima oleh peserta yang terdiri dari ibu-ibu PKK, Sekaa Teruna Teruni, hingga anak-anak.

Menurut Parta, banyak hal yang disampaikan dalam sosialisasi tersebut. Mulai dari nilai-nilai filosofi Pancasila yang dikaitkan dengan tindakan dan perilaku sehari-hari, memahami tentang tujuan kemerdekaan Indonesia yang tercermin dalam pembukaan  UUD 1945, hingga mendalami Indonesia dengan keberagaman suku, bahasa, agama, adat istiadat tak terkecuali kuliner nusantara yang bukan saja menjadi kekayaan nusantara namun sekaligus menjadi kekuatan bangsa Indonesia.

"Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika, yang menjadi perekat bangsa Indonesia. Ini adalah dasar yang fundamental harus diketahui anak-anak dan generasi muda kita, bukan saja menjadi paham tapi juga menghadirkan sikap cinta tanah air, toleran dan bangga menjadi indonesia," tegasnya.

Disamping itu, mewujudkan dan membumikan nilai-nilai 4 pilar dalam  penyelenggaraan negara dan pengelolaan sumber kekayaan negara dengan baik serta  menerapkan dalam kehidupan sosial adalah hal yang sangat penting.

"Dalam sosialisasi ini semua elemen hadir, ibu-ibu, pengurus adat, anak-anak dan anak muda yang tergabung di Sekaa Teruna Teruni, jadi tepat sekali karena 4 Pilar Kebangsaan tidak hanya menjadi hafalan di sekolah, namun harus dikuatkan dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari," imbuhnya.

Melalui sosialiasi ini, legislator asal Sukawati itu pun berharap dapat memunculkan spirit bela tanah air, menghargai perbedaan, dan bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman.

Sementara itu, Kelian Adat Banjar Buluh, Ketut Gandra mengapresiasi acara ini sebagai bentuk penguatan pengamalan nilai-nilai luhur Pancasila. "Saya sangat senang kegiatan ini menyentuh masyarakat di banjar sehingga bisa melibatkan semua unsur elemen masyarakat, jadi harapannya ini menjadi acara yang mengedukasi," ujarnya.

Sedangkan salah seorang peserta, I Made Mustika Prayoga mengaku sangat senang bisa terlibat dalam acara tersebut. Apalagi pihaknya cukup kaget karena acara diselenggarakan dengan kemasan game dan sangat interaktif. "Saya kira akan seperti seminar, ternyata acaranya banyak interaksi dan game yang menyenangkan jadi asik acaranya, dan tidak terasa kalau ternyata acaranya sudah selesai, " tandasnya.

 

Artikel ini sudah tayang di baliexpress.com dengan judul “Parta Kemas Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan dengan Game Interaktif”, Link berita: https://baliexpress.jawapos.com/bali/27/11/2021/parta-kemas-sosialisasi-4-pilar-kebangsaan-dengan-game-interaktif

 


  • 03 Desember 2021
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 739 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya