Pendaftaran Kader PDI Perjuangan

Bupati Sanjaya Rakor Bersama Menko Marinves Bahas Ketersediaan Oksigen di Tabanan

  • 23 Juli 2021
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 707 Pengunjung

Ketersediaan oksigen saat ini menjadi kendala di Kabupaten Tabanan. Terkait hal tersebut, Pemkab Tabanan melakukan berbagai upaya dalam penyediaan oksigen.

Permasalahan tersebut mengemuka dan dibahas pemerintah pusat dalam rakor langkah intervensi untuk penurunan tingkat kematian akibat Covid-19 di Jawa-Bali. Rakor tersebut dipimpin oleh Menko Marinves Luhut Binsar Panjaitan, Rabu (21/7/2021).

Kegiatan Rakor yang dilaksanakan secara virtual tersebut diikuti oleh seluruh kepala daerah, yakni Gubernur dan Bupati/Walikota se-pulau Jawa-Bali. Termasuk pula Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE.,MM., yang didampingi Sekda dan OPD terkait di lingkungan Pemkab Tabanan.

“Kendala saat ini di Kabupaten Tabanan adalah ketersediaan tabung oksigen dan regulatornya. Hal tersebut terjadi karena melonjaknya kasus positif Covid-19 di wilyah pulau Jawa dan Bali, termasuk di Kabupaten Tabanan beberapa pekan ini,” ujar Bupati Dr. Sanjaya

Ia menegaskan, bahwa kelangkaan oksigen ini terjadi di seluruh Kabupaten/Kota di Bali. Hal ini telah dilaporkan ke pemerintah pusat dan telah mendapat perhatian serius dari pemerintah pusat.

“Jadi ini adalah permasalahan nasional, bukan hanya di Tabanan,” sebutnya.

Ia mengakui telah berkoordinasi secara langsung dengan Gubernur Bali terkait dengan kelangkaan oksigen tersebut. Disamping itu juga telah berkoordinasi dengan Kadiskes Provinsi Bali. Saat ini, untuk masalah kelangkaan oksigen sudah ditangani oleh Satgas Oksigen Provinsi Bali.

Lebih jauh Bupati Dr. Sanjaya mengatakan bahwa semua rumah sakit pemerintah dan swasta wajib melaporkan pemakaian dan sisa stok setiap harinya melalui sistem online kepada Satgas dan Satgas yang akan menyetujui pendistribusian oleh supplier.

Sementara pemerintah pusat melalui Menko Marinves dalam rapat virtual dengan kepala daerah se-Jawa-Bali tersebut mengatakan akan melakukan langkah-langkah strategis terkait dengan kendala yang dihadapi oleh seluruh Kabupaten/Kota, sekaligus memberikan arahan terkait permasalahan tersebut.

Menindak lanjuti arahan Menko Marinves, Pemkab Tabanan melalui berbagai pihak terkait sedang berusaha memenuhi kebutuhan oksigen dan Pemkab Tabanan selalu berkoordinasi secara serius dan intensif baik dengan pemerintah Provinsi maupun dengan pemerintah pusat dalam hal penanggulangan pandemi Covid-19.


  • 23 Juli 2021
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 707 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya